Editannya Sering Dibully Kevin Malah Memenangkan Kontes dan Dikontrak Adobe

Nasib baik memang tiada yang tahu. Itulah yang dialami anak muda bernama Kevin Pramudya Utama. pemenang Explore Japan Lighroom Contest yang akhirnya dikontrak pihak Adobe sebesar U$D6000. Kontes ini diselenggarakan oleh Japan National Tourism Organization ( JNTO ). Namun nasib baik itu juga tak akan menghampiri jika kita tidak mempersiapkan receivernya.

Kevin berhasil mengalahkan master-master kelas dunia dan menjadi pemenang kontes hanya bermodal belajar gratisan dari youtube. Ya, di jaman ini ilmu apapun bisa kita dapat dengan cuma-cuma dari universitas youtube dan mbah google. Tinggal ketik apa yang mau kita pelajari dan berbagai tutorial gratis disajikan, tinggal kita mau belajar apa engga. Nah daripada bertele-tele, yuk simak kisah Kevin ini untuk memotivasi diri kita, bahwa semua bisa dipelajari asal kita mau.

Follow Twitternya Kevin @sadness_loop

Kisah Kevin Pramudya Utama Mengalahkan Master Editing Kelas Dunia dan Mendapat Kontrak U$D6000 Dari Adobe

foto karya kevin pramudya utama adobe lightroom contest

Berawal dari saya yang suka fotografi ini mencoba mengikuti sebuah kontes foto Lightroom yang diadakan oleh Adobe dan JNTO (Japan National Tourism Organization). Ga ditulis juga hadiahnya apa, karena di akhir kontes juga ternyata EMANG GA ADA HADIAHNYA DONG wkwowkwoko tapi gapapa pikirku, seenganya kalo menang kan siapa yang ga bangga gitu menang kontesnya Adobe.

Jadi kontesnya sendiri dibagi jadi dua, kontes ngedit foto yang udah disediain sama Adobe dan kontes ngedit foto kita sendiri yang pokoknya foto tsb diambil di Jepang dan dibagi di beberapa sub kategori, ada 6 deh kalo ga salah, dan saya ikutin sekalian aja enam-enamnya.

Dengan bekal pengetahuan ngedit foto dari Universitas Youtube saya mencoba bersaing dengan para master-master dari seluruh dunia yang ternyata juga ikutan dong woi, tapi ya saya nothing to lose sih, saya lakuin sebaik yang saya bisa, dibawah ini adalah 6 editan saya tersebut.

Singkat cerita setelah pengumuman lomba yang ditunggu-tunggu mulai patah semangat juga sih karena demi apapun bagus-bagus banget lo editan yang lain ternyata saya.

11 Maret 2020, Foto saya muncul ga tuh di paling atas sendiri menangissss rasanya demi apapun, pulang kerja sepanjang perjalanan nangis karena terharu bangsat menang ga tuh wkwowkwokwo ga nangis dirumah karena malu diliatin temen serumah. Ga cukup sampai disitu, scroll kebawah lagi niatnya ngecek pemenang yang lain juga, DEMI APA TERNYATA ADA FOTO SAYA YANG LAIN LAGI, dipilih sama sponsor yang lain, mau meninggal aja udah.

Tapi sekali lagi ya, walaupun foto saya bahkan kepilih dua kali, ternyata memang ga ada hadiahnya sama sekali, tapi demi apapun, saya sudah bersyukur sekali karena menang, terus dikontrak adobenya kapan dong? weits abis ini nih ternyata emang rencana Tuhan ga ada yang tau.

20 Maret 2020, 9 hari setelah pengumuman, tau-tau ada email masuk tuh dari mbak Katrin yang ngakunya product managernya Adobe, siape nih, tipu-tipu apa ya pikirku karena ditulis langsung tuh mau dibayar 6000 dollar, like what the f, 6000 dollar dong.

Ternyata ga main-main, saya yang sama sekali belum pernah online meeting seumur hidup sekalinya online meeting langsung sama Adobe, rambut disisir rapi pokoknya udah kayak anak kecil abis mau main sore-sore tuh tinggal dibedakin aja, udah terobos aja lah yang penting yakin.

Ditanya-tanya dah tuh, kenapa suka fotografi, sehari-hari ngapain, belajar fotografi sejak kpn, saya kerjaan aslinya disini pengelasan robot juga saya ceritain jujur, karena diawal udah diwanti-wanti sama dia tolong jawab semuanya jujur, untuk ga ditanya “udah move on belum”

Pokoknya akhirnya diakhir meeting terjadilah kesepakatan untuk membuat Discovery Files, dan 20 tutorial editing untuk Lightroom dengan website yang udah disediain sama mereka, kira-kira kayak dibawah ini kalo buat Tutorial dari awal alias ndasku mumet cah.

Singkat cerita nih setelah perjuangan “berdarah-darah”, ngerjain tutorial setelah pulang kerja jam 7 malem sampe kadang jam 3 pagi, puji Tuhan Alhamdulillah tuh, gatau gimana kelar juga akhirnya 15 tutorial dengan berbagai level, yeeeeeeeeyyyyyy :’)

Hasil Editan Kevin Sering Dibully

editan kevin pramudya utama

Untuk Discovery Files sendiri kalo ada yang belum tau, jadi ini tu semacam tutorial cuma tanpa kata-kata jadi cuma diliatin proses editing dari awal sampe akhir, dan bisa kalian temuin di aplikasi Lightroom kalian lo! entah dari HP atau PC. Gimana ga nyangka coba, saya itu editannya dulu cuma diejek, direndahin, dan segala macem yang pokoknya jahat deh :’) eh kok bisa-bisanya dipercaya Adobe buat bikin tutorial edit foto, sekali lagi, rencana Tuhan emang ga ada yang tau.

Dipatahin bagaimanapun saya lebih memilih untuk fokus wujudin mimpi saya sendiri, sampai yang hanya disebut tukang mimpi, menjadi Kevin Pramudya Utama sekarang dipajang jelas di Software Lightroom sebagai salah satu Tutorial maker.

Mungkin segitu dulu kali ya cerita dari saya, maaf banget kalo ada beberapa yang typo atau berantakan, niatnya saya cuma sharing sedikit bagaimana saya “dihargai” oleh Adobe walaupun saya bukan siapa-siapa dan hanya lulusan SMK, oyasumi, semoga kalian dilindungi Tuhan selalu.

Demikian kisah Kevin yang sangat inspiratif ini, mudah-mudahan bisa kita ambil pelajarannya yang sangat bermakna. Jangan takut dibully dan dicaci selama yang kamu lakukan benar.

Ojo Nuruti COCOTE Tonggo – Bayu SKak

Tags:
Info Menarik Lainnya