Pihak Vendor Membocorkan Chat Soal Catering Lamaran Atta Halilintar

Beberapa waktu terakhir santer berita tentang chat catering lamaran Atta Halilintar. Seperti yang sudah banyak diketahui publik bahwa youtuber ini akan akan meminang Aurel, putri sulung Anang Hermansyah. Nah berita ini menjadi viral karena pihak AHA menawarkan barter order dengan endorse di instagram story seperti yang dilansir jpnn.com.

Belajar dari bocornya chat soal catering acara lamaran Atta Halilintar ini kita akan membahas bolehkah membocorkan screenshoot chat ke publik tanpa ijin?

Sebelum kita bahas lebih lanjut, jika Anda membutuhkan jasa katering untuk berbagai event seperti lamaran dan wedding silahkan cek Mitra Catering yang melayani area Jabodetabek free delivery. Penasaran seperti apa menunya? Cek daftar menu prasmanan yang mereka sediakan.

Pihak Vendor Membocorkan Chat Catering Lamaran Atta Halilintar Yang Menawarkan Barter Endorse

Catering lamaran atta halilintar

Sebenarnya hal ini lumrah terjadi dan saya rasa tidak perlu dipublikasikan jika tidak mau. Sebagai influencer dan youtuber dengan 25 juta subscriber merupakan sebuah aset yang berharga. Mungkin si vendor bisa tawar menawar, jangan hanya diendorse IG Story tapi dibuatkan vlog khusus tentang profilnya di channel Atta. Tetapi di sini kita akan membahas persoalan yang lebih mendasar yaitu etika menyebarkan screenshoot chat.

Legalkah Menyebarkan Screenshoot Chat atau Medsos Tanpa Ijin yang Bersangkutan?

Apakah mengambil screenshoot chat ataupun status sosmed lalu mepublikasikannya tanpa ijin termasuk melanggar hukum privasi? Jawabannya bisa iya bisa tidak, bergantung pada konteksnya.

Jika Anda mengambil screenshoot lalu mendistribusikannya secara publik dalam kapasitas Anda sebagai seorang karyawan atau pemilik usaha maka jelas melanggar hukum privasi dan perusahaan Anda akan bertanggung jawab.

Sebagai contoh tahun 2015 didenda US$ 168.000, atau jika dirupiahkan 2,3 miliar dengan kurs sekarang. Karena telah mengambil screenshoot sosmed mantan karyawannya, Karen Hammond, lalu menyebarkannya. Alhasil Karen menuntut NZCU karena pelanggaran privacy yang mengakibatkan kerugian imateril. Berita ini dapat Anda temukan di dailymercury.com.au.

Kapan Menyebarkan Screenshoot Tidak Melanggar Privacy?

Pada dasarnya menyebarkan screenshoot chat atau sosmed memang tidak melanggar hukum selama tidak mengakibatkan hal negatif dan lebih baik lagi jika mendapatkan ijin.

Namun ada pengecualian jika screenshoot yang Anda sebar tersebut merugikan pihak lain seperti bullying atau bersifat ofensif. Karena sangat banyak hukum lain yang melindungi hal-hal tersebut seperti cyber bullying dan lain sebagainya.

Walaupun Tidak Melanggar Hukum Sebaiknya Jangan Menyebarkan Screenshoot Chat Sembarangan Tanpa Ijin

Walaupun menyebarkan screenshoot chat itu pada dasarnya tidak mealnggar hukum bukan berarti kita bebas melakukannya tanpa ijin. Ada banyak hukum yang mengatur perilaku online seperti cyber bullying, doxing atau menyebarkan informasi pribadi. Ini semua dapat dituntut secara hukum.

Tags:
Info Menarik Lainnya